Kunjungan kerja Bagian Humas dan Layanan Pengaduan Biro PHM Setjen DPD RI: Upaya Memperat Kolaborasi dan Akselerasi Transformasi Digital Setjen DPD RI

02 Agustus 2024 oleh diy

Dalam rangka mempererat kolaborasi dan akselerasi transformasi digital di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen DPD RI), Bagian Humas dan Fasilitasi Pengaduan Biro Protokol, Humas, dan Media (Biro PHM) Setjen DPD RI melakukan serangkaian kunjungan kerja ke beberapa instansi di Yogyakarta pada tanggal 31 Juli s.d. 1 Agustus 2024. Rangkaian kegiatan ini dipimpin oleh Mahyu Darma, S.H., M.H., Kepala Biro PHM Setjen DPD RI, didampingi oleh Kepala Bagian Humas dan Fasilitasi Pengaduan Setjen DPD RI Taufik Jatmiko, S.E., M.M. beserta jajarannya.

“Sekretariat Jenderal DPD RI ingin mempererat kolaborasi, sinergi dan kerja sama dengan berbagai instansi di Yogyakarta serta mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan informasi publik dan layanan pengaduan,” jelas Mahyu.

Pada hari pertama kunjungannya, Bagian Humas dan Layanan Pengaduan Biro PHM Setjen DPD RI mengunjungi PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Yogyakarta (Bandara YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta diterima secara langsung oleh General Manager Bandar Udara Internasional Yogyakarta Ruly Artha di Ruang Rapat Lt. 3 Gedung Kantor PT. Angkasa Pura I - YIA.

Ruly membuka acara dengan menyampaikan paparan terkait profil Bandara YIA dan berbagai inovasi dalam rangka optimalisasi sistem, sarana dan prasarana serta layanan terbaik bagi calon penumpang dan pengunjung Bandara YIA dalam rangka meningkatkan "traffic" kunjungan masyarakat ke Bandara YIA.

“PT. Angkasa Pura I menyambut baik rencana kolaborasi dan koordinasi dengan pihak Setjen DPD RI, untuk bersama-sama menginformasikan tentang event-event yang ada di DIY, karena secara tidak langsung akan bisa meningkatkan traffic bandara serta traffic untuk orang datang ke DIY,” ujarnya.

Menurut Ruly, saat ini konsep marketing yang diterapkan Bandara YIA sudah bergeser tidak lagi fokus untuk mempublikasikan bandara, tetapi fokus pada destinasi wisata serta event-event yang akan diselenggarakan di DIY, karena pihak Angkasa Pura berkeyakinan jika mereka ikut menyuarakan atau mempublikasikan melalui media Angkasa Pura, maka akan lebih banyak orang melihat event apa saja yang sedang atau akan diselenggarakan di DIY.

Mahyu Darma menanggapi positif dan mengapresiasi berbagai inovasi dan gebrakan yang telah dilakukan di Bandara YIA. Hal ini sekaligus menjadi pengalaman benchmarking yang berharga bagi Biro PHM Setjen DPD RI.

“Saya berharap kolaborasi dan kemitraan antara Setjen DPD RI dengan PT. Angkasa Pura I Bandara YIA dapat terjalin lebih erat lagi di masa yang akan datang terutama dalam menyosialisasikan DPD RI kepada masyarakat,” kata Mahyu

Kegiatan hari kedua rangkaian kunjungan kerja Biro PHM ke DIY, Kamis (1/8), diawali dengan kunjungan ke Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY (Biro UHP Setda DIY). Delegasi Setjen DPD diterima oleh Kepala Biro UHP Setda DIY Drs. Teguh Suhada, M.Si. dan Kepala Bagian Humas Ditya Nanaryo Aji, S.H., M.EC.DEV di Ruang Gandok Kiwo Kantor Setda DIY.

“Kami menyambut baik kunjungan delegasi Setjen DPD RI ke Setda DIY dan Humas Jogja siap untuk berkolaborasi dengan Setjen DPD RI dalam hal kehumasan dan penayangan konten-konten daerah,” tegas Teguh Suhada.

Pada sesi sharing knowledge, Biro UHP Setda DIY memaparkan dan berbagi pengalaman terkait pengelolaan media sosial oleh Humas Jogja, pengelolaan SDM kehumasan, kolaborasi publikasi konten, sarana dan prasarana, serta tantangan dan kendala yang dihadapi.

Agenda terakhir, Biro PHM Setjen DPD RI melakukan kunjungannya ke Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta. Pada pertemuan dengan Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono, S.Sos., M.M., menjelaskan bahwa saat ini platform digital resmi Pemerintah Kota Yogyakarta tersaji dalam suatu sistem terpadu bernama Jogja Smart Service (JSS).

“JSS mengusung konsep sebagai sebuah Balaikota Virtual yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja dalam rangka memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat Kota Yogyakarta, kami juga mengelola layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk memastikan keterbukaan informasi sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi dan Perlindungan Data Pribadi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Trihastono mengajak Mahyu Darma untuk menjadi narasumber podcast Diskominfosan Kota Yogyakarta dengan mengusung tema pengenalan DPD RI sebagai bagian dari upaya sosialisasi DPD RI kepada masyarakat Yogyakarta.